//

6 Elemen Penting Yang Dibutuhkan Sebuah Startup

startup pedia


1.    Membentuk sebuah Tim*
Pentingnya pembentukan tim dan cara mengembangkan sumber daya manusia yang kuat. Tim adalah aspek utama dari startup. Tim adalah satu-satunya asset nyata yang dimiliki sebuah startup yang masih baru.

2.    Menciptakan Sebuah Produk*
Mengembangkan sebuah produk tidaklah mudah, pada artikel ini akan dibahas mengenai “lean startup model”, yang merupakan metode popular dalan pengembangan produk.

3.    Melindungi Keuntungan Melalui Paten*
Pentingnya hak paten dan cara mendapatkannya, seiring dengan tumbuhnya startup, melindungi hak kekayaan intelektual menjadi semakin penting. Begitu banyak perusahaan yang gagal karena tidak bisa melindungi keuntungan kompetitif produk dan jasa mereka, Kegagalan mereka diakibatkan oleh rendahnya perlindungan hak paten yang memungkinkan perusahaan lain meniru produk mereka. Jika sebuah perusahaan berencana akan melebarkan sayap secara global, memegang hak paten yang kuat untuk melindungi produk merupakan sebuah kebutuhan yang tak terelakkan.

4.    Memasarkan Produk*
Tahapan–tahapan pemasaran termasuk menyiapkan produk, mendapatkan lisensi, bekerja sama dengan perusahaan humas dan pencitraan produk. Untuk menjelaskan hal ini, kita akan melihat contoh-contoh strategi pemasaran perusahaan dan pitch sales. Strategi pemasaran yang berbeda harus digunakan dalam tahap siklus hidup startup yang berbeda oula karena status produk, tim, dan keuangan berubah di tiap tahapnya.

5.    Mengembangkan Strategi Pembiayaan*
Apa tujuan penggalangan dana? Dari siapa Anda seharusnya menggalang dana? Sebagai tambahan, kita akan melihat pilihan pendanaan startup yang berbeda, seperti saham dan stock option, serta bagaimana keduanya berinteraksi untuk membentuk komposisi pemegang saham yang sangat penting untuk startup Anda.

6.    Membentuk Strategi Exit*
Dua strategi exit tahapan startup :  Initial Public Offerings (IPO), serta Merger dan Akuisisi (M&A). Exit merupakan tahap paling pentung dalam siklus kehidupan sebuah starup. Oleh karena itu, kebanyakan startup Silicon Valley mendesain strategi exit mereka dari awal. Di bagian akan dibahas ciri perdagangan saham global, taktik penyiapan IPO, dan kapan sebaiknya Anda mendaftarkan perusahaan Anda. Di bagian M&A, kita akan menguraikan proses yang berlangsung di Amerika serikat dan negara-negara lain. Tidak mengejutkan jika sebagian besar startup didirikan di Silicon Valley karena besarnya aktivitas M&A yang memudahkan exit sedang pada saat yang sama, Asia Tenggara bisa mengembangkan strategi exit yang kompetitif.



* artikel sedang ditulis (harap tunggu updatenya yaa)

0 Response to "6 Elemen Penting Yang Dibutuhkan Sebuah Startup"

Post a Comment

Terimakasih untuk tidak berkomentar hal yang mengandung unsur iklan maupun sara :)